Memasang rangka atap baja ringan merupakan langkah penting dalam pembangunan sebuah bangunan. Dengan memasang rangka atap secara tepat, Anda dapat menjamin stabilitas dan keamanan bangunan Anda. Banyak kejadian rumah dengan atap yang rusak dan roboh akibat terkena cuaca ekstrim. Maka dari itu perlu adanya perhatian pada bangunan Anda agar tidak terjadi hal serupa.

Atap baja ringan terbukti lebih tahan dari tekanan angin, Anda dapat meningkatkan keamanan dan ketahanan bangunan Anda. Proses pemasangan baja ringan juga sangat mudah dan cepat sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan. Dalam artikel ini, kami akan mengulas mulai dari tips memilih rangka baja ringan sampai cara mudah untuk memasang rangka atap baja ringan, sehingga Anda dapat melakukannya dengan baik.

Cara memilih rangka baja ringan yang baik

Memiliki sertifikat SNI

Tips pertama adalah memastikan Anda membeli baja ringan yang telah memiliki sertifikat SNI. Secara khusus, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan standar yang ketat. Sebagai hasilnya, baja ringan bersertifikat SNI telah melewati serangkaian uji kualitas sesuai dengan standar tersebut. Dengan demikian, Anda sebagai konsumen dapat memiliki keyakinan bahwa baja ringan tersebut memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

Material yang bersertifikasi SNI digunakan sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku di Indonesia. Hal ini penting untuk memastikan pembangunan bangunan yang memenuhi persyaratan hukum dan lolos dalam proses inspeksi serta pengawasan oleh pihak berwenang.

Bergaransi

Garansi menunjukkan bahwa produsen yakin dengan kualitas baja ringan yang mereka produksi. Dengan adanya garansi, Anda dapat yakin bahwa baja ringan tersebut telah melalui proses produksi yang ketat dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Garansi memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau cacat yang mungkin terjadi pada baja ringan selama periode garansi berlaku. Jika terjadi masalah, Anda dapat memperoleh perbaikan atau penggantian produk tanpa biaya tambahan.

Uji berat

Cara terakhir untuk memilih baja ringan yang baik adalah dengan menguji beratnya. Hal ini penting karena berat baja ringan mempengaruhi kekuatan strukturnya. Baja ringan yang lebih kuat dan kokoh akan menopang beban yang lebih besar. Oleh karena itu, dengan memperhatikan uji berat, kita bisa mengukur kekuatan baja ringan dalam menahan beban, memastikan bahwa baja ringan yang kita pilih dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap atap atau struktur bangunan yang akan kita bangun.

Jenis baja ringan

Baja ringan kanal C

Baja ringan jenis kanal C memiliki bentuk seperti huruf “C” dan sering digunakan sebagai struktur utama atap. Keunggulan baja ringan kanal C terletak pada kekuatan dan kestabilannya yang tinggi, serta kemudahan dalam pemasangannya.

Bondek

Salah satu jenis baja ringan yang berbentuk lembaran dilengkapi dengan lubang-lubang kecil di permukaannya. Bondek biasanya digunakan sebagai lantai tingkat dalam konstruksi bangunan bertingkat. Keunggulan bondek antara lain kekuatan struktural yang tinggi dan kemampuan menahan beban yang besar.

Spandek

Spandek merupakan lembaran tipis dari baja ringan yang menampilkan pola gelombang pada permukaannya. Para konstruktor biasanya menggunakan spandek sebagai material untuk menutup atap atau dinding bangunan. Spandek menawarkan berbagai kelebihan, seperti beratnya yang ringan, kemudahan pemasangan, ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, serta ketersediaan dalam berbagai pilihan warna.

Truss

Balok-balok dan tiang-tiang yang disusun secara bersilangan membentuk struktur baja ringan. Truss, yang sering berperan sebagai rangka atap dalam bangunan, memainkan peran penting dalam mendukung beban atap dan menjaga kestabilan struktur bangunan. Selain itu, beberapa kelebihan truss termasuk kekuatan yang tinggi, kemudahan dalam pemasangan, dan desain yang fleksibel, menjadikannya solusi efektif dalam berbagai proyek konstruksi.

Cara pemasangan atap baja ringan

1. Persiapan dan Pemotongan Bahan

Berikut adalah kalimat aktif dari kalimat tersebut:

Sebelum memulai pemasangan, Anda harus mempersiapkan dan memotong bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan sebagai langkah awal. Anda perlu memotong kanal C baja ringan untuk rangka atap dan seng spandek pasir sesuai dengan dimensi atap yang akan Anda pasang. Memotong dengan tepat akan memastikan kesiapan bahan untuk pemasangan yang Anda lakukan sempurna sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

2. Pemasangan Palang Tengah

Setelah mempersiapkan bahan-bahan, langkah selanjutnya adalah memasang palang tengah sebagai penyangga utama. Kemudian, palang tengah ini berfungsi untuk menopang palang-palang utama di bagian atas struktur atap. Selanjutnya, proses pemasangannya melibatkan penggunaan sambungan khusus berukuran 50 cm untuk menyambungkan potongan-potongan kanal C baja ringan secara rapat. Akhirnya, pemasangan yang kuat dan kokoh akan memastikan stabilitas struktur atap.

3. Pemasangan Palang Utama

Setelah memasang palang tengah dengan baik, langkah selanjutnya adalah pemasangan palang utama. Kami menggunakan metode double box, memasang kanal C baja ringan secara ganda untuk memperkuat struktur. Kami memotong dan menyambungkan palang utama dengan ukuran yang sesuai, kemudian memasangnya menggunakan baut roofing untuk memastikan kekokohan struktur atap.

4. Pemasangan Bracket

Untuk memperkuat struktur secara lebih lanjut, langkah berikutnya adalah memasang bracket pada bagian kiri dan kanan palang penyangga bagian tengah. Bracket ini akan menjadi penopang tambahan yang memperkuat koneksi antara palang-palang. Dinamo dipasang pada bracket untuk memastikan koneksi yang kuat dan kokoh antara bracket dan palang.

5. Pemasangan Reng Baja Ringan dan Atap

Terakhir, setelah rangka atap terpasang dengan kokoh, langkah selanjutnya adalah memasang reng baja ringan dan atap. Secara khusus, menggunakan mal baja ringan, pemasangan reng baja ringan berlangsung dengan jarak sekitar 60 cm, dan kemudian, menempatkan seng spandek pasir dengan rapi dan kencang di atasnya. Penggunaan baut roofing akan memastikan keamanan dan kekencangan pemasangan atap. Akibatnya, proses pemasangan baja ringan secara keseluruhan menghasilkan struktur atap yang kuat, stabil, dan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Alasan kenapa harus menggunakan baja ringan

Penggunaan baja ringan juga memiliki dampak yang positif terhadap lingkungan. Baja ringan lebih ramah lingkungan dibandingkan material lain seperti kayu, yang membutuhkan penebangan hutan secara besar-besaran. Selain itu, proses daur ulang baja ringan berlangsung lebih efisien, mengurangi jumlah limbah konstruksi yang berakhir di tempat pembuangan sampah.

Baja ringan sangat menonjol dengan kekuatannya yang tinggi namun tetap ringan. Dibandingkan dengan material lain seperti kayu atau beton, baja ringan memiliki keunggulan dalam hal daya tahan terhadap beban dan tekanan. Kemampuannya untuk menahan gempa dan angin kencang juga menjadikannya pilihan utama dalam konstruksi bangunan yang kokoh dan aman.

Selain kuat dan ringan, penggunaan baja ringan juga lebih efisien dalam hal waktu dan biaya. Proses pemasangannya yang relatif mudah dan cepat menjadikannya pilihan praktis untuk proyek konstruksi, baik skala besar maupun kecil. Biaya pemeliharaan yang rendah juga menjadikannya investasi jangka panjang yang menguntungkan bagi para pemilik bangunan.

Harga pemasangan rangka atap baja ringan

NoJenis baja ringanHarga
1.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm Bahan ZincalumeRp. 130.000/m2
2.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 1,00mm Bahan ZincalumeRp. 155.000/m2
3.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm Bahan Zincalume Paket Atap Gelombang Onduline Include NokRp. 370.000/m2
4.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm Bahan Zincalume Paket Atap Genteng Metal Berpasir Include NokRp. 230.000/m2
5.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm Bahan Zincalume Paket Genteng Metal Rainbow Include NokRp. 295.000/m2
6.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm bahan Zincalume Paket Atap Spandek Polos Tebal 0,3mm Include NokRp. 225.000/m2
7.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm bahan Zincalume Paket Atap Spandek Berpasir Tebal 0,3mm Include NokRp. 230.000/m2
8.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75 mm Bahan Zincalume Paket Genteng Keramik Kanmuri Warna Tipe Aspenica Natural Exclude (Tidak Termasuk) NokRp. 360.000/m2
9.Pemasangan Nok Atap Genteng Keramik Kanmuri Warna NaturalRp. 150.000/m1
10.Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Tebal 0,75mm Bahan Zincalume Paket Atap Genteng Tanah Morando Glazur Exclude (Tidak Termasuk) NokRp. 290.000/m2
11.Pemasangan Nok Atap Genteng Tanah Morando GlazurRp. 120.000/m2
12.Pemasangan Alumunium Foil SingleRp.35.000/m2
13.Pemasangan Alumunium Foil DoubleRp. 45.000/m2
14.Pemasangan Talang Lembaran Atau Jurai Material Bahan ZincalumeRp. 90.000/m1
15.Pemasangan List Plank Material Papan GRC Lebar 20 cm BerprofileRp. 85.000/m1
Tabel harga jenis baja ringan

Catatan: Harga dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi, merek, dan lokasi penjual. Untuk informasi lebih lanjut atau Harga Baja Ringan Jakarta yang pasti, silakan menghubungi kami.

Itulah tips cara memasang rangka atap baja ringan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat serta menggunakan peralatan yang sesuai pemasangan rangka atap baja ringan jadi mudah. 

Rangka atap ini dapat kuat dan efisien cocok untuk membangun atap rumah impian Anda. Dapat memberikan kekuatan dan ketahanan yang lama sehingga Anda tidak perlu repot menggantinya. Pahami proses pemasangan dengan baik lalu gunakan material yang tepat maka pembangunan atap baja ringan Anda dapat terpasang dengan sempurna. Hubungi kami untuk pemasangan rangka atap baja ringan di nomor berikut 089689123123

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?