Apa Itu ARP – Berhubung dunia teknologi komputer sudah semakin maju, maka akan bertambah pula istilah-istilah khusus. FYI, supaya kamu dapat berselancar di internet, perangkat-perangkat yang terhubung di jaringan harus memiliki protokol tertentu. Nah, salah satu protokol yang kerap digunakan adalah ARP. 

ARP (Address Resolution Protocol) ini akan berperan penting sebagai “jembatan” antara perangkat-perangkat di jaringan lokal (LAN). Berhubung protokol ini akan menjembatani beberapa perangkat, maka tentu saja memiliki cara kerja tersendiri. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu ARP?

https://www.fortinet.com/

Wajar saja kok kalau kamu bertanya-tanya tentang apa itu ARP sebab memang istilah tersebut terlalu khusus di bidang IT. Namun tenang saja, kamu dapat mempelajarinya dengan mudah melalui artikel ini.

ARP merupakan singkatan dari Address Resolution Protocol. Nah, sesuai dengan namanya maka protokol ini menjadi salah satu protokol yang biasa digunakan untuk menemukan MAC address dari suatu perangkat berdasarkan pada alamat IP. Nantinya, protokol ini akan mengubah IP Address yang awalnya 32-bit (IPv4) menjadi bentuk 48-bit. 

Umumnya, para user yang hendak berkomunikasi di jaringan lokal (LAN) pasti akan menggunakan protokol ini. Jaringan ini membutuhkan alamat MAC dari pihak pengirim maupun penerima, sebelum kemudian melakukan transfer data satu sama lain. 

Jaringan lokal (LAN) biasa disebut dengan nama Ethernet yang ukuran jaringannya lebih kecil. Yap, jaringan lokal (LAN) atau Ethernet ini dapat menghubungkan antara komputer di rumah dengan beberapa perangkat smartphone, laptop, tablet, atau apapun di sekitar rumah tangga. 

Lantas, bagaimana jika tidak ada MAC Address atau alamat MAC? Maka tentu saja baik pihak pengirim maupun penerima tidak dapat melakukan komunikasi data apapun. 

Apa Saja Peran ARP Terhadap Jaringan Internet?

https://www.manageengine.com/

Pertanyaan-pertanyaan seperti apa itu ARP pasti juga akan meluas menjadi apa saja peran protokol ini terhadap jaringan internet. Nah, seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, protokol ini berperan penting terutama di jaringan lokal (LAN) atau Ethernet. Setidaknya, ada 3 peran protokol ini di jaringan lokal (LAN) yakni,

Sebagai Jembatan Antara Perangkat di LAN

Sebuah jaringan internet membutuhkan sebuah jembatan untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya dalam proses transfer data. Setiap perangkat di LAN tersebut akan dapat berkomunikasi satu sama lain jika menggunakan alamat MAC, bukan alamat IP. 

Nah, ini lah peran ARP yakni untuk menemukan alamat MAC dari suatu perangkat tersebut. 

Sebagai Penerjemah Alamat IP ke Alamat MAC

ARP menjadi salah satu protokol yang biasa digunakan untuk menemukan MAC address dari suatu perangkat berdasarkan pada alamat IP. Artinya, sebelum perangkat mentransfer data, maka pasti memiliki alamat IP terlebih dahulu. 

Lalu, protokol ini akan berperan menerjemahkan alamat IP tersebut ke bentuk alamat MAC supaya perangkat tujuan dapat menerima data. Maka dari itu, eksistensi protokol yang satu ini tidak akan lepas dari alamat MAC maupun alamat IP. 

4 Jenis ARP Dalam Jaringan Internet

Meskipun peran protokol ini cukup sederhana, tetapi justru protokol yang satu ini memiliki beberapa jenis dalam jaringan lokal (LAN). Setiap jenisnya memiliki “pesan” yang berbeda sehingga kamu harus menyesuaikan kebutuhan ya…

  1. ARP Reply

Pertama, jenis protokol ini berupa yang dikirimkan dari perangkat sumber ke perangkat tujuan dengan berisikan alamat MAC sekaligus alamat IP. 

  1. ARP Request

Kedua, jenis protokol ini akan melibatkan perangkat sumber sebagai asal muasal broadcast ke seluruh perangkat di dalam jaringan lokal (LAN) tersebut. Jenis ini hanya dapat dikirimkan ke perangkat yang belum mengetahui apa alamat MAC penerimanya. 

  1. Reverse ARP Response

Jenis protokol ketiga ini akan dikirimkan dari perangkat tujuan sebagai bentuk tanggapan atas permintaan alamat IP. 

  1. Reverse ARP Request

Terakhir, jenis protokol ini akan dikirimkan dari perangkat sumber kepada perangkat yang sudah tahu alamat IP penerima, tetapi belum dengan IP Address-nya. Dapat dikatakan bahwa jenis ini adalah kebalikan dari ARP Request. 

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?